Cara Memulai Usaha Kecil Agar Sukses

Cara Memulai Usaha Kecil Agar Sukses - Memiliki usaha atau bisnis merupakan keinginan yang dimiliki oleh banyak orang, baik yang masih menganggur atau bahkan yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Namun keinginan itu biasanya hanyalah sebatas niatan saja yang tidak dilanjutkan ke dalam tindakan yang nyata. Ada juga yang dikalahkan oleh rasa takutnya sendiri sehingga tidak berani mengambil resiko lebih lanjut untuk memulai usahanya. Ada juga yang berpikiran bahwa untuk memulai usaha itu harus membutuhkan modal yang besar sehingga hal itu mengurungkan niatnya untuk memulai usaha.

Cara Memulai Usaha Kecil Agar Sukses

Sebagian usaha atau bisnis memang membutuhkan modal besar untuk memulainya, misalnya bisnis travel, bisnis konstruksi, bisnis investasi, dan lainnya. Namun, sebenarnya tidak semua usaha memerlukan modal yang besar untuk memulainya, seperti misalnya bisnis pulsa dan usaha menjahit pakaian. Bisnis - bisnis ini hanya memerlukan modal yang kecil untuk memulainya. Jika Anda berniat memulai bisnis kecil - kecilan, berikut ini akan kami berikan beberapa cara untuk memulai usaha kecil Anda.

Cara Memulai Usaha Kecil Agar Sukses

1. Jangan Menjadikan Pelanggan Sebagai Kelinci Percobaan

Sebagai pelaku usaha pemula dan usaha Anda masih kecil, biasanya Anda belum terbiasa dengan pelanggan yang membeli produk atau menggunakan jasa dari Anda. Ada sebagian pelaku usaha yang menjadikan pelanggan mereka sebagai kelinci percobaan untuk mengetahui reaksi mereka terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Padahal hal ini belum tentu disukai oleh para pelanggan, sehingga mereka yang tidak menyukainya dikhawatirkan akan meninggalkan produk Anda atau bahkan lebih parah lagi menyebarkan berita buruk tentang produk Anda. Hal yang sebaiknya Anda lakukan sebagai seorang pelaku usaha adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan Anda, sehingga pelanggan Anda merasa puas dan akan menggunakan produk Anda lagi.

2. Buat Produk Berbeda

Membuat produk berbeda disini diartikan sebagai membuat produk Anda memiliki ciri khas yang membedakannya dari para kompetitor. Produk yang mempunyai ciri khas inilah yang akan dicari oleh para pelanggan karena mereka tidak menemukan produk itu di tempat yang lain kecuali di tempat Anda sehingga usaha Anda pun akan semakin dikenal oleh orang banyak yang secara otomatis akan meningkatkan omzet penjualan Anda.

3. Memberikan Kejutan

Memberikan kejutan di sini bukan diartikan sebagai memberikan kejutan yang negatif, tetapi sebaliknya memberikan kejutan yang positif. Walaupun Anda adalah seorang pelaku usaha yang masih kecil dan baru, sehingga belum mendapatkan keuntungan yang banyak, namun tetap berikanlah pelanggan kita suatu kejutan yang positif, misalkan memberi bonus jika pelanggan kita membeli produk dengan jumlah tertentu atau bisa juga dengan memberikan potongan harga khusus kepada pelanggan jika mereka membeli suatu produk tertentu. Bahkan kini ada sebagian pelaku usaha yang memberikan produknya secara gratis jika mereka adalah pelanggan yang tetap. Hal ini pastinya akan mengurangi keuntunganAnda, namun dengan adanya kejutan - kejutan seperti tadi akan membuat pelanggan Anda penasaran dan akan terus membeli produk Anda.

Demikianlah beberapa cara untuk memulai usaha kecil yang dapat kami ulas. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi mengenai cara untuk memulai usaha kecil - kecilan sehingga usaha Anda akan menjadi sukses di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar